BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 28 April 2011

Jenis-jenis penipuan di internet dan Cara mengatasinya

Penipuan di Internet Dan Cara Pencegahan
Penipuan di Internet saat ini semakin merajalela,jika anda tak mengetahuinya,kemungkinan anda akan menjadi korban tanpa disadari.Para penipu bisa mengambil uang anda dengan berbagai cara.Saya juga pernah mengalami hal yang sama seperti ini.Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri atau trik penipu yang digunakan untuk mengelabuhi pengguna internet.Berikut ini diantara cara-cara yang kerap dilakukan oleh penipu untuk
menjerat mangsanya :
1.Hacking & Cracking
Nah,ini yang kemungkinan masalah yang paling banyak di dapati oleh anda semua.Anda tiba-tiba tidak bisa login di email,password salah terus ! Padahal anda merasa tidak pernah mengganti password .Atau E-gold atau paypal anda tiba-tiba habis ada yang menguras.Pelakunya adalah hacker / cracker yang mencuri password anda dan mentransfer ke rekening mereka.
Pencegahan : Selalu memasang antivirus dan tidak mengakses rekening online di warnet,selalu gunakan komputer pribadi jika anda harus mengakses rekening online.
2.Phising
Phising merupakan teknik untuk mencuri password atau informasi pribadi anda.Pelaku phising sering membuat website palsu yang mikrip dengan aslinya,seehingga korban memasukkan nomor rekening atau pun password,bisa juga data pribadi anda di website penipu.
Pencegahan : jangan mengklik link di email, selalu periksa URL sebelum login.Misalnya jika mau login ke yahoo mail,pastikan URL-nya mail.yahoo.com
3.Software berisi Virus / Trojan
Pada saat mendownload software dan merasa nyaman menggunakannya.Tiba sebuah folder menjadi shortcut semua,kemungkinan di folder tersebut terdapat virus.
Pencegahan : Selalu gunakan antivirus yang selalu di update ketika membuka internet.
4.E-mail palsu (Fake Login)
Anda email seolah – olah dari admin yahoo ataupun sejenis situs jejaring sosial.E-mail ini anda menyatakan anda harus login untuk verfikasi data.Anda sangat terkejut dan segera membuka link yang ada dalam pesan email tersebut.Anda diminta memasukkan password anda.Jika ini terjadi berarti anda telah tertipu karena mengirimkan passsword ke hacker atau cracker.
Pencegahan : Jangan mengklik link dalam email,apabila sudah di klik and harus memasukkan password anda.Ini halaman palsu.

Nah untuk itu,kita harus lebih berhati-hati ... Sekian dulu info dari saya...
Semoga info nya bermanfaat

Label: Sekilas Info
Diposkan oleh *jolenkz* di 19:08

0 komentar: